Vitamin untuk Kulit Wajah

Vitamin untuk produk-produk perawatan kecantikan pada mulanya bertujuan untuk menjaga kesegaran produk itu sendiri, agar tak cepat rusak. Tapi kemudian disadari, vitamin juga bermanfaat sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas. Sehingga dalam perawatan kecantikan, vitamin untuk kulit wajah ditujukan untuk melindungi jaringan sel kulit dari pengaruh buruk radikal bebas.

Radikal bebas adalah zat-zat yang berasal dari asap rokok, asap kendaraan bermotor, radiasi, obat-obatan, paparan sinar matahari dan bentuk-bentuk polusi lain. Radikal bebas ini menyerang molekul sehat dalam tubuh dan merusakkan sel-sel jaringan. Itulah yang mengakibatkan proses penuaan pada jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit sehingga tampak keriput (menua) dan kusam. Untuk mencegahnya, kulit wajah perlu antioksidan. Antioksidan ini banyak terdapat di dalam vitamin A, C dan E.

Vitamin A, C, dan E banyak ditemukan dalam krim wajah. Yang perlu diperhatikan adalah, jika  Vitamin C dan E bekerja efektif bila diaplikasikan langsung pada kulit, Vitamin A bekerja lebih baik bila dikonsumsi secara oral. Vitamin A bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran yang kaya akan beta-karoten seperti apel, wortel dan pepaya. Dalam krim wajah, Vitamin A dikenal juga dengan istilah Tretinoin, yang sangat membantu dalam mengurangi keriput dan garis-garis halus.

Vitamin C berfungsi membantu penyembuhan luka dan membantu produksi kolagen yang melembabkan kulit wajah. Vitamin E juga bersifat antioksidan. Mengonsumsi 400 IU vitamin E perhari, tidak hanya dapat mengurangi kerusakan kulit dari paparan sinar matahari, tetapi juga dapat mengurangi produksi sel penyebab kanker. Sedangkan Vitamin E dalam krim kecantikan berfungsi untuk melembutkan kulit wajah.

Satu hal penting lagi, jangan berlebihan. Kelebihan vitamin juga bisa berakibat buruk, contohnya: overdosis vitamin C justru bisa mengakibatkan menapouse dini. Karena itu sebelum mengonsumsi atau memakaikan vitamin untuk kulit wajah, baca label dengan teliti, jangan sembarang percaya iklan. Pahami petunjuk, manfaat dan dosisnya. Dengan saran dokter, kita bisa mengetahui vitamin untuk kulit wajah yang paling tepat bagi kita.