Vitamin untuk Kulit Berjerawat

Saat kulit berjerawat, kita akan melakukan berbagai hal untuk mencegah atau mengobatinya, supaya wajah kembali cantik dan berseri. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin. Asupan vitamin memang sangat penting untuk mengatasi jerawat, karena dapat menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh, membantu memberi nutrisi pada kulit wajah sehingga jerawat berkurang dan sel kulit mati, bekas jerawat serta noda/flek ikut terangkat.

Vitamin apa yang tepat untuk kulit berjerawat, harus disesuaikan dengan kondisi/masalah yang dialami. Jika kelebihan sebum atau minyak, kulit wajah rawan akan jerawat, sedangkan bila kekurangan sebum, maka kulit wajah akan kering dan cepat menua. Untuk mengontrol sebum, konsumsi vitamin A. Selain mengontrol sebum, vitamin A juga berfungsi mengeluarkan racun dari tubuh. Jika masalahnya ada jerawat yang muncul akibat stres dan perasaan cemas, maka yang diperlukan adalah vitamin B, karena vitamin B akan menenangkan wajah dan tubuh dari stres.

Lain lagi kalau kulit berjerawat akibat paparan radikal bebas (terpapar polusi) sehingga selain berjerawat kulit wajah juga berminyak, maka untuk masalah ini vitamin untuk kulit berjerawat yang tepat adalah vitamin C dan vitamin E. Tingginya tingkat antioksidan pada vitamin C membuat jaringan kulit bertumbuh dan berfungsi baik. Vitamin C juga memiliki sifat antibakteri yang mencegah infeksi kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin E juga menghindarkan kulit dari radikal bebas dan kerusakan sel. Selain itu, Vitamin E mempercepat pembentukan jaringan kulit dan mencegah akumulasi kelebihan lemak.

Kebutuhan vitamin-vitamin tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi vitamin berupa pil, kapsul atau softgel, atau bisa juga mendapatkannya dari bahan makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan. Vitamin A  banyak terdapat pada buah tomat, wortel, labu, mangga, sayur bayam, blewah, juga pada susu rendah lemak (low fat). Vitamin C mudah sekali didapat dari brokoli, cabai merah dan hijau, buah strawberry, jeruk, dan kiwi. Untuk mengobati wajah berjerawat, konsumsi vitamin E sebanyak 440 IU atau dengan menambah asupan makanan dari gandum, ubi jalar, mayones, dan kacang-kacangan.