Perawatan Wajah Tradisional

Perawatan Wajah Secara Tradisional

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perawatan wajah secara tradisional. Dimulai dengan menjaga konsumsi makanan yang masuk ke tubuhnya. Memang, menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh bisa memberikan pengaruh pada kecantikan wajah Anda. Misalnya saja, sayuran dan buah yang Anda konsumsi bisa meningkatkan kelembapan kulit wajah sehingga terhindar dari kekeringan dan memancarkan wajah yang cerah selain juga halus dan lembut.

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk merawat kecantikan wajah:

  1. Konsumsi buah berry karena mengandung flavanoids dan antioksidan untuk mencegah radikal bebas agar tidak menyerang kulit dan menghindari penuaan dini.
  2. Konsumsi buah alpukat karena bisa mengurangi kolesterol jahat dan bisa membantu menurunkan tekanan darah serta kandungan vitamin E bisa menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.
  3. Konsumsi kacang-kacangan sebagai sumber protein dan mineral yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan peremajaan kulit.
  4. Konsumsi sayuran dengan kandungan seratnya bisa menjaga metabolisme tubuh dan sangat baik jika digunakan untuk menjaga berat badan atau diet. kandungan vitamin A, C, dan K bisa mengurangi produksi minyak di wajah.
  5. Konsumsi ikan memiliki kandungan gizi yang sangat besar yang baik untuk tubuh. Vitamin D yang terkandung pada ikan sangat baik untuk kulit wajah karena bisa melindunginya dari sinar matahari.
  6. Konsumsi cokelat memiliki efek baik bagi yang mengkonsumsinya. Cokelat bisa membangkitkan  hormon endorphin yang menimbulkan efek rileks dan bahagia.
  7. Minum air putih minimal 2 liter per hari membuat kelembapan kulit terjaga dan membuat efek lembut  halus pada kulit. Peremajaan kulit juga akan terjadi dengan konsumsi air minum yang cukup karena akan terjadi proses detoksifikasi.

Selain makanan yang direkomendasikan untuk perawatan wajah secara tradisional, Anda pun bisa melakukan perawatan tradisional dari luar seperti berikut ini:

  1. Perawatan lulur yang merupakan salah satu perawatan tradisional yang berasal dari bahan-bahan alami. Bahan lulur  biasanya terbuat dari rempah-rempah tradisional seperti kunyit, kencur, mangir, dan herbal lainnta. Perawatan ini biasanya sejalan dengan pemijatan.
  2. Perawatan pijat. Pada zaman kerajaan kebiasaan ini disebut urut yang bertujuan sebagai sarana medis, namun seiring perkembangan tujuannya berkembang untuk kecantikan. Fungsi dari pemijatan ini adalah tujuan perawatan kulit, bentuk tubuh, dan juga kesehatan tubuh karena mampu membersihkan tubuh, menghaluskan kulit, dan menjaga kulit agar tidak cepat keriput serta mampu mencerahkan warna kulit. Jenis pijat yang bisa Anda gunakan adalah pijat halus dan pijat relaksasi.

Beberapa ramuan perawatan wajah secara alami yang bisa Anda gunakan di rumah adalah sebagai berikut:

  1. Menghilangkan flek hitam di wajah. Gangguan ini merupakan tanda penuaan dini yang akan dialami karena sinar ultraviolet matahari yang menembus lapisan epidermis kulit. Pengobatannya bisa dengan kentang. Haluskan kentang lalu gunakan sebagai masker sekitar 30 menit, lalu bersihkan.
  2. Jerawat. Gangguan ini paling sering menyerang setiap wanita, biasanya karena wajah yang berminyak. Anda bisa menggunakan masker wortel. Anda tinggal menghaluskan wortel dan menggunakannya sebagai masker. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.
  3. Campak yang mengenai wajah akan menimbulkan bekas noda. Anda bisa melakukan perawatan dengan pegagan segar dicampur 10 kuntum bunga mawar, kedua bahan itu dicuci bersih kemudian direbus dan saring airnya lalu diminum. Gunakan tiga kali sehari hingga Anda sembuh dari campak.

Selamat melakukan perawatan wajah secara tradisional dan rasakan hasilnya yang fantastis!