Perawatan Wajah Berjerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit wajah yang tidak mengenal usia penderitanya. Jerawat timbul karena kadar minyak di kulit melebihi normal, maka tidak heran jika penyakit ini sering menyerang mereka dengan jenis kulit berminyak. Jerawat timbul karena penyumbatan pori-pori karena sekresi kelenjar yang disebut dengan sebum. Hal ini menyebabkan minyak di dalam pori-pori tidak dapat keluar dan akhirnya menggumpal di bawah kulit sehingga timbul pembengkakan seperti kista kecil dan jika pecah akan menimbulkan peradangan.

Penyebab timbulnya wajah berjerawat selain juga minyak yang tertahan di bawah kulit, juga karena beberapa penyebab berikut ini:

  1. Perubahan hormon terutama  pada remaja dan wanita hamil.
  2. Infeksi karena bakteri penyebab jerawat, hal ini biasanya karena kondisi wajah yang kotor.
  3. Stress.
  4. Perubahan iklim dan cuaca yang ekstrim, misalnya Anda biasanya ada di lingkungan yang dingin tiba-tiba berada di iklim yang sangat panas.

Beberapa perawatan wajah berjerawat agar tidak membuat wajah bertambah parah adalah sebagai berikut:

  1. Secara rutin mencuci kulit wajah Anda. Dan pastikan sebelum Anda tidur, kulit wajah sudah bebas kosmetik dan debu.
  2. Usahakan untuk tidak memegangi kulit wajah walau Anda merasa gatal. Kulit yang gatal bisa disiasati dengan menepuk-nepuknya menggunakan tisu.
  3. Sebaiknya Anda memangkas poni wajah agar tidak mengenai kulit wajah Anda sebab rambut cenderung memiliki debu dan kotoran yang akan membuat kulit Anda semakin kotor dan terkontaminasi bakteri.
  4. Jika Anda menggunakan kosmetik, gunakan tidak tebal sebab akan menutup pori-pori wajah Anda dan membuatnya kehilangan udara untuk bernafas dengan baik.
  5. Mulailah meningkatkan konsumsi buah dan sayuran segar sebab kandungan vitamin, mineral, dan berbagai zatnya berperan untuk membantu proses penyehatan kulit wajah.
  6. Mulailah mengurangi makanan serba digoreng dan makanan terlalu manis agar tidak memperparah kondisi jerawat Anda.

Perawatan wajah berjerawat harus Anda lakukan secara telaten sebab tanpa perawatan yang baik jerawat Anda akan memberikan dampak buruk pada kulit wajah Anda seperti peradangan yang berimbas meninggalkan noda yang sulit dihilangkan di wajah.

Anda juga bisa melakukan berbagai perawatan secara tradisional pada kulit berjerawat Anda. Beberapa perawatan tradisional yang bisa Anda lakukan berikut ini:

  1. Menggunakan JERUK NIPIS yaitu dengan menggunakan airnya dicampur teh bubuk belerang lalu dicampur hingga rata. Oleskan pada jerawat, biarkan hingga 30 menit lalu bilas.
  2. Menggunakan BELIMBING WULUH yang diparut kemudian ditambah garam. Aduk merata lalu gunakan pada jerawat 2-3 kali sehari.
  3. Menggunakan DAUN SIRIH. Penggunaan daun sirih dicampur dengan sambiloto, lidah buaya, dan bedak dingin. Mencuci bersih daun sirih,  sambiloto, dan lidah buaya kemudian direbus dengan air hingga sisa ½ dari air rebusan. Gunakan airnya yang diaduk dengan bedak dingin. Gunakan sebagai masker, diamkan beberapa saat, lalu cuci bersih.
  4. Menggunakan MASKER WORTEL. Gunakan wortel yang sudah dihaluskan dan dicampur madu sebagai masker. Ramuan ini sangat bermanfaat untuk menekan minyak pada kulit berminyak karena kandungan vitamin A serta vitamin Cnya yang sangat baik untuk wajah. Kulit wajah Anda akan segar, putih, sehat, dan bersih.

Untuk perawatan tradisional  dari dalam Anda bisa meminum jus wortel sebanyak dua kali sehari di pagi dan sore hari. Nah, luangkan waktu untuk melakukan perawatan wajah berjerawat Anda agar segera pulih dan semakin cantik berseri.