Penyebab Kulit Pecah-Pecah

Sangat terganggu dengan kulit pecah-pecah? Jangan khawatir Anda bisa melakukan perawatan yang tepat untuk menyembuhkannya. Kulit kaki pecah-pecah tentu menbuat Anda malu apalagi jika Anda adalah pekerja yang sering menggunakan sepatu atau sandal berhak tinggi yang menonjolkan keindahan kaki Anda.

Penyebab kulit pecah-pecah adalah kurangnya kelembapan di kulit kaki. Apalagi telapak kaki merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai penopang tubuh dengan beban berat, seringnya menginjak permukaan yang kasar juga menjadi penyebab kulit pecah-pecah.

Penyebab kulit pecah-pecah secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Cuaca kemarau yang panas, ataupun cuaca dingin yang terlalu dingin.
  2. Menggunakan air panas ketika mandi atau berenang di air panas.
  3. Faktor genetik yang membuat kelenjar keringat terlalu aktif.
  4. Kelebihan beban di kaki karena berat badan yang over.
  5. Penyakit diabetes yang diderita membuat kulit menjadi sangat kering.
  6. Obat yang dikonsumsi yang memiliki efek kering pada kulit.

Bukan hanya kulit kaki yang pecah-pecah, kulit tangan pun bisa pecah-pecah. Penyebab kulit pecah-pecah di tangan adalah karena kekeringan di tangan dikarenakan sabun cuci. Namun, pengaruh air yang digunakan juga bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk kondisi ini, Anda bisa mulai mengganti sabun cuci yang digunakan dengan yang lebih aman.

Perawatan untuk jenis kulit kering baik di kaki maupun di tangan adalah dengan menggunakan perawatan berbahan dasar yang melembapkan. Perawatan tradisional bisa Anda lakukan di rumah, seperti dengan alpukat, stroberi, hingga air kelapa muda. Kandungan vitamin di dalam buah-buahan tersebut memberikan efek melarutkan kulit yang mati dan menggantinya dengan kulit baru yang lebih segar.

Kulit yang pecah-pecah di kaki, sebaiknya mulai menghindari penggunaan jenis sepatu terbuka karena akan membuat tumit bertambah kering. Untuk penyembuhannya bisa menggunakan sepatu model tertutup, tidak lupa menggunakan kaos kaki agar kelembapan kaki terjaga.

Penyebab kulit pecah-pecah bukan hanya satu penyebabnya, Anda harus mengetahui penyebabnya dengan tepat agar pengobatannya pun bisa tepat.