Operasi Sedot Lemak

Operasi sedot lemak adalah sebuah prosedur yang menggunakan teknik sedot atau disebut juga sebagai liposuction, berguna untuk menghilangkan lemak dari area tertentu pada tubuh, seperti bagian perut, paha, pinggul atau pantat. Prosedur ini juga membentuk kembali bagian tubuh yang diinginkan. Bila Anda memiliki lemak berlebih pada tubuh mungkin Anda bisa menjadi salah satu kandidat prosedur ini.

Siapa yang tak ingin punya tubuh ramping?  Prosedur ini bukanlah alternatif untuk  menurunkan berat tubuh. Jika Anda merasa kelebihan berat tubuh maka yang lebih baik dilakukan adalah memiliki pola makan yang sehat atau berolahraga dengan metode yang benar. Untuk menghilangkan lemak bisa dilakukan dengan dua cara yaitu bedah gastrik atau liposuction.

Metode lain untuk operasi sedot lemak adalah lipoplasti, penyedotan lipotomi atau pembentukan tubuh. Liposuction digunakan untuk mengisolasi bagian lemak yang tidak hilang oleh diet sehat atau olahraga, seperti lemak yang ditemukan di bagian perut, paha, pinggul, bokong, dada dan punggung, pergelangan, lengan bagian atas, leher dan dagu. Kadang liposuction juga dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran payudara.

Ketika berat tubuh bertambah maka sel lemak juga bertambah dalam ukuran dan jumlah. Liposuction menurunkan jumlah sel lemak yang ada di area tertentu pada tubuh. Jumlah lemak yang dihilangkan tergantung pada penampakan area dan jumlah lemak yang ada disana. Perubahan bentuk tubuh setelah prosedur akan bertahan selamanya, selama berat tubuh Anda tetap stabil.

Setelah proses liposuction, kulit akan mengalami perubahan sendiri mengikuti area tubuh yang telah mengalami pengurangan sel lemak. Jika elastisitas kulit Anda bagus maka kulit setelah prosedur akan menjadi mulus. Jika kulit kurang elastis maka kulit di area yang disedot lemaknya mungkin akan mengalami perubahan tampilan. Liposuction tidak membuktikan bahwa selulit atau ketidakbiasaan pada permukaan kulit menjadi berubah. Dan liposuction tidak menghilangkan stretch marks pada kulit.

Untuk menjadi kandidat dari operasi sedot lemak, Anda harus berada dalam kondisi sehat tanpa kondisi yang bisa membahayakan prosedur bedah, seperti aliran darah yang terhambat, penyakit pembuluh arteri, diabetes atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.