Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Memilih Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Jenis olahraga yang mengecilkan perut sepertinya banyak dicari oleh mereka yang ingin tidak hanya tampil cantik dengan tubuh proporsional dan perut langsing nan indah tetapi juga jenis olahraga ini akan membantu mereka untuk tampil sehat dan bugar. Nah, memilih dan mencari jenis olahraga yang tepat mungkin merupakan hal yang akan menyita waktu Anda karena Anda juga harus mempertimbangkan berbagai alasan terutama yang berkenaan dengan waktu dan mungkin kondisi kesehatan Anda pada umumnya. Berkonsultasi ke dokter mungkin merupakan cara terbaik untuk membantu Anda menentukan jenis olahraga mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda untuk membantu Anda mencapai perut langsing idaman.

Jenis olahraga umum yang banyak dipilih orang untuk mengecilkan perut buncit mereka antara lain sit up, crunch, jogging, bersepeda, fitness dan senam. Sebagian orang memilih melakukan yoga untuk mencapai apa yang mereka idam-idamkan. Mana yang paling sesuai untuk anda, Anda sendiri yang bisa menentukannya.

 

Adakah Jenis Olahraga yang Mengecilkan Perut?

Kebanyakan orang ingin memiliki perut yang indah, rata tanpa timbunan lemak tetapi tidak memilki usaha yang konsisten untuk mengurangi kadar lemak di perut. Mengurangi lemak di tubuh dengan cara yang sehat bukan sesuatu yang dilakukan dengan instan, tetapi membutuhkan konsistensi dalam melakukan latihan dan didukung dengan pola makan yang seimbang.

Ada banyak jenis olahraga yang mengecilkan perut, tetapi umumnya olahraga yang dilakukan secara teratur bukan hanya mengurangi kandungan lemak pada salah satu bagian tubuh tertentu saja tetapi juga pada bagian tubuh lain. Pada saat melakukan olahraga, lemak yang ada pada semua bagian tubuh akan terbakar dan pada saat yang bersamaan jenis olahraga tertentu mampu mengencangkan dan memampatkan otot-otot perut sehingga perut yang buncit dapat berangsur-angsur mengecil dan akhirnya rata.

 

Apa Sajakah Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Perut?

Berikut beberapa jenis olahraga tersebut:
1. “Crunch”
Jenis olahraga ini merupakan salah satu latihan yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut yang buncit. Jenis olahraga ini mungkin sudah familiar untuk banyak orang yang sedang berusaha menyusutkan timbunan lemak yang ada di perut.

Latihan ini dimulai dengan berbaring, lutut ditekuk dan tangan ditempatkan di belakang kepala secara bebas. Kemudian, jari-jari kedua tangan dirapatkan bersama-sama seperti saat hendak menarik kepala. Selama latihan tangan diposisikan seperti ini. Selanjutnya, kepala dan bahu diangkat dari lantai setinggi beberapa inci saja. Badan kembali direbahkan secara perlahan dengan bahu tetap pada posisi lurus. Gerakan ini sebaiknya diulangi sesuai kemampuan dan disarankan untuk ditambah jumlahnya pada hari berikutnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. “reverse crunch”
Selain olahraga crunch, latihan “reverse crunch” juga bisa dilakukan sambil berbaring dengan menjaga posisi kaki tetap lurus dan ditekuk ke atas di bagian pinggul sehingga tubuh akan membentuk seperti huruf “L”. Kemudian pinggul diangkat dari lantai sedangkan kaki diarahkan ke langit-langit. Posisi ini ditahan sampai beberapa detik dan pinggul dikembalikan ke posisi semula.

Latihan untuk mengecilkan perut bisa juga dilakukan dengan cara duduk dan kaki diangkat. Latihan perut seperti ini akan lebih efektif apabila dilakukan dengan duduk di bangku bagian pinggir. Kaki diangkat setinggi 12 – 18 inci di atas lantai dan lutut dibengkokkan sedikit. Kemudian lutut dibwa ke arah dada dan posisi ini dipertahankan selama beberpa hitungan, kemudian kaki dikembalikan ke posisi semula.

3. “crossover sit-up”
Merupakan jenis olahraga lain yang dapat Anda praktekkan untuk mengecilkan perut. Latihan jenis ini seperti halnya sit-up sepeda dikarenakan melibatkan gerakan memutar yang menempatkan tubuh sebagai poros atau bagian tengahnya. Latihan dengan crossover dilakukan dengan menjaga posisi kaki berada rata di tanah dan lutut ditekuk selanjutnya memutar dengan alternatif ke kiri dan ke kanan saat bahu dan kepala diangkat dari lantai.

4. “side bends”
Anda juga dapat melakukan latihan ini secara reguler untuk tujuan mengecilkan perut. Olahraga ini dilakukan dengan cara berdiri dengan menahan barbell atau beban tangan yang lain saat melakukan latihan.

Cara melakukan latihan side bends cukup sederhana, berdiri, bahu selebar kaki, sementara tangan kanan menahan berat barbell, bersandar ke kanan. Punggung dijaga tetap lurus dan membungkuk hanya pada pinggang kemudian kembali berdiri seperti semula. Gerakan ini diulang sampai beberapa kali sebelum barbell dipindahkan ke tangan kiri.

5. Kardiovaskular
Merupakan jenis olahraga untuk mengecilkan perut yang paling populer. Latihan ini biasanya dilakukan selama 20 – 45 menit dengan tujuan melatih detak jantung untuk membakar lemak yang ada di tubuh khususnya bagian perut.

Kegiatan seperti berjalan, bersepeda atau sepatu roda adalah cara-cara yang ringan dan efektif untuk memulai hari dan membakar lemak yang berlebih di dalam tubuh. Apabila ada kendala cuaca maka ada alternatif gym untuk melakukan aktifitas di dalam ruangan sehingga latihan tetap dapat dilakukan.