Memilih Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang

Tampil memesona dengan gaya rambut yang sesuai, tentu saja menjadi hal yang wajar untuk diwujudkan. Rambut adalah hal yang penting dalam mendukung penampilan. Dibutuhkan kejelian untuk menyempurnakan penampilan melalui tatanan rambut, termasuk bagaimana memilih warna rambut yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing orang. Memilih warna rambut yang tidak sesuai dengan warna kulit hanya akan membuat buruk penampilan ketimbang memperindah.

Warna kulit sawo matang adalah warna kulit kebanyakan orang Indonesia. Tak seperti warna kulit lainnya, memilih warna rambut untuk kulit sawo matang bisa dibilang susah-susah gampang. Tak semua warna rambut pas untuk disandingkan warna kulit yang satu ini. Namun, cokelat, blonde, atau merah anggur adalah warna-warna yang cocok untuk mereka yang berkulit sawo matang.  Dalam memilih warna rambut untuk kulit sawo matang, haruslah dihindari warna-warna terang, seperti emas, perunggu, atau putih keabu-abuan yang bisa membuat penampilan menjadi pucat.

Terkait dengan warna kulit, pemilihan warna rambut juga harus disesuaikan dengan tone kulit. Salah satu cara termudah untuk menyesuaikan warna rambut dan tone kulit adalah dengan menempelkan kain atau baju berwarna terang ke kulit wajah. Bila warna terang tersebut membuat penampilan menjadi cerah, artinya tone kulit tergolong dalam tone hangat. Mereka yang memiliki kulit sawo matang, tepat memilih warna rambut cokelat, blonde, atau merah anggur karena tone kulit sawo matang tergolong tone hangat. Eksperimen pemilihan warna cat rambut dapat dilakukan dengan memilih cat rambut warna tembaga, cokelat, dan mahogani. Untuk mereka yang memiliki kecenderungan warna kulit sawo matang,  pemilihan warna rambut dengan nuansa warna cat rambut tembaga dan cokelat tua sangat dapat dilakukan.

Warna-warna lain yang harus dihindari dalam memilih warna rambut untuk kulit sawo matang, adalah ungu, putih, pirang keperakan, dan biru tua. Agar lebih maksimal, warna rambut juga harus didukung dengan potongan gaya rambut, dan memperhatikan jenis rambut yang dimiliki. Bahan dari pewarna rambut juga perlu diperhatikan agar tidak ada efek jangka panjang yang berbahaya bagi kesehatan.