Masker Rambut untuk Ibu Hamil

Rambut rontok ketika mengalami kehamilan barangkali pernah dirasakan oleh beberapa wanita. Gejala rambut rontok yang menyertai kehamilan bisa juga berarti bahwa ibu hamil tersebut mengalami kekurangan asupan protein harian, sehingga nutrisi jaringan rambut dan akarnya mengalami kekurangan asupan makanan.

Berkurangnya asupan nutrisi protein pada akar dan jaringan rambut akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah atau bahkan kerontokan rambut. Agar gangguan kerontokan rambut ini tidak makin menjadi dan kondisi kehamilan aman, ada baiknya mengetahui masker rambut untuk ibu hamil yang bisa dipilih.

Masker Rambut untuk Ibu Hamil: Tips dan Triks

Berikut ini akan disampaikan beberapa tips dan triks memilih masker rambut untuk ibu hamil sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Aman. Pilihlah masker rambut yang relatif aman dari bahan kimia sintetis yang dapat memicu timbulnya kanker. Bahan kimia sintesis yang berbahaya bagi kesehatan rambut dan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan janin antara lain sodium lauryl sulfate atau SLS. Kandungan SLS pada tonik ataupun masker rambut dapat menyebabkan gangguan kehamilan ataupun memicu timbulnya kanker.
  • Alami. Pilihlah penggunaan masker rambut dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman tradisional ataupun madu. Penggunaan bahan alami relatif lebih aman untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan ibu dan janin.
  • Protein tinggi. Apabila memutuskan menggunakan bahan alami sebagai masker rambut, pilihlah bahan alami yang mengandung protein tinggi seperti putih telur, madu ataupun minyak zaitun.
  • Hindari bau menyengat. Hindari memilih masker rambut yang memiliki aroma menyengat ataupun kurang sedap, karena mungkin akan memicu rasa mual. Perasaan mual yang dirasakan ibu hamil secara tidak langsung juga dapat mengganggu kesehatan kehamilan.

Demikianlah beberapa tips dan triks memilih masker rambut untuk ibu hamil. Ada baiknya segera kunjungi ahli medis apabila kerontokan rambut masih saja terjadi walaupun sudah mengkonsumsi asupan protein sesuai kebutuhan ibu hamil. Kerontokan rambut yang dibiarkan tanpa pengobatan akan dapat memicu timbulnya kebotakan sehingga mengganggu penampilan. Semoga bermanfaat.