Masker Rambut Seledri

Seledri selain digunakan sebagai penambah aroma harum pada masakan, ternyata juga dapat digunakan untuk mempercantik dan memperindah penampilan rambut. Penggunaan masker rambut seledri merupakan salah satu metode perawatan rambut tradisional yang terbuat dari sayur-sayuran. Memang faktanya, banyak sekali jenis buah-buahan, sayur-sayuran ataupun tanaman obat tradisional yang dapat digunakan sebagai metode tradisional perawatan rambut dengan cara mengolahnya menjadi masker rambut. Apa saja keuntungan dan kegunaan masker rambut dari seledri?

Masker rambut seledri: keuntungan dan kegunaan

Berikut ini akan disajikan beberapa keuntungan dan kegunaan masker rambut seledri sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Aman dan mudah digunakan. Seledri merupakan salah satu jenis tanaman tradisional sehingga keberadaannya sangat mudah dijumpai. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan cara menumbuk seledri hingga halus, baru kemudian diusapkan secara merata pada permukaan rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.
  • Mengobati rambut rontok. Seledri kaya akan stigmasterol yang berguna sebagai penguat akar dan batang rambut, sehingga rambut tidak akan mudah rontok ataupun patah.
  • Mencegah ketombe. Kandungan seledri yang kaya akan poliasetilen yaitu sejenis senyawa polifenol terbukti berfungsi secara efektif berguna untuk membunuh bakteri dan menghambat pertumbuhan jamur, sehingga penggunaan masker seledri untuk rambut dapat juga digunakan untuk mencegah ketombe yang yang disebabkan oleh aktifitas bakteri.
  • Mengharumkan dan menyegarkan. Kandungan minyak atsiri yang bernama butilftalida berguna untuk mengharumkan dan menyegarkan rambut, fungsi lain dari minyak atsiri ini adalah melindungi rambut dari kekeringan.
  • Menyuburkan rambut. Penggunaan seledri yang dicampurkan dengan kocokan telur dapat digunakan untuk menyuburkan rambut.

Demikian beberapa keuntungan dan kegunaan masker rambut seledri yang dapat dengan mudah diaplikasikan pada rambut. Akan lebih baik bila penggunaan masker rambut dilakukan secara kontinyu dan periodik agar manfaat dan khasiatnya bisa berlangsung lama. Akan lebih baik apabila pengaplikasian masker rambut juga disertai pemijatan pada area kulit kepala, agar sirkulasi darah menjadi lancar dan khasiat maskernya lebih meresap. Semoga bermanfaat.