Khasiat Timun untuk Kecantikan

Masih banyak yang menganggap timun  hanya mengandung air belaka dan meragukan khasiatnya. Padahal di balik penampilannya yang sederhana dan harganya yang murah tersimpan banyak manfaat timun untuk perawatan kecantikan, baik dari luar maupun dari dalam.

Penggunaan timun untuk merawat kecantikan dari dalam maksudnya adalah, ibarat sebuah pabrik, tubuh kita menghasilkan limbah sisa metabolisme, bahkan tidak jarang tubuh dimasuki berbagai macam racun, yang berasal dari pengawet, pestisida, logam berat, obat-obatan, hormon dan bahan-bahan kimia tambahan dalam makanan kita. Belum lagi paparan polusi dan asap kendaraan dan rokok. Racun yang ada dalam tubuh dapat mengakibatkan kulit wajah tampak kotor, kusam dan tidak bercahaya. Nah, untuk mengembalikan kesegaran dan kecantikan kulit wajah, kita dapat mengonsumsi timun untuk detoksifikasi.

Timun banyak mengandung kadar air (hampir mencapai 90%). Memasukkan timun dalam menu sehari-hari kita dan mengonsumsinya secara rutin sangat bagus untuk memperlancar buang air kecil, juga bermanfaat membantu menghilangkan serta menetralkan toksin atau racun, melunturkan bakteri-bakteri yang terdapat di sepanjang saluran usus serta dinding kandungan kemih. Kandungan kulit timun yang rendah kalori dan kaya serat juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Untuk perawatan dari luar, timun yang mengandung vitamin C dan asam kafeat dapat membantu meredakan iritasi kulit dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit sehingga bisa digunakan untuk mengompres mata yang lelah dan bengkak, mengobati kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, jerawat, exsim, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga. Irisan timun juga bisa digunakan sebagai masker  untuk menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah, menghilangkan noda hitam, serta mengurangi minyak berlebih di wajah dan mengobati jerawat. Biji timun mengandung Vitamin E yang berfungsi menghambat proses penuaan dan menghilangkan keriput.

Kalau mau mencoba merasakan khasiat timun untuk kecantikan, gunakan selalu timun segar. Timun sangat sensitif terhadap panas. Hindarkan dari paparan langsung sinar matahari agar tak cepat layu. Jika disimpan dalam kulkas kesegarannya akan bertahan selama satu minggu.