Kandungan Kemiri

Anda pasti tidak asing dengan yang namanya kemiri. Ya.. bumbu dapur yang satu ini tidak hanya melezatkan setiap masakan, namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain itu, minyak yang diekstrak dari biji kemiri berguna dalam industri, yakni untuk dijadikan sebagai bahan campuran cat dan lilin. Anda pasti penasaran, apa sajakah kandungan kemiri sehingga dia banyak dibutuhkan sebagai bahan utama produk-produk yang beredar di pasaran.

Kemiri memiliki kandungan zat gizi dan nongizi. Nah kandungan non gizi dalam kemiri, di antaranya adalah saponin, falvonoida dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu kemiri juga mengandung zat gizi mikro, di antaranya adalah protein, lemak dan karbohidrat. Sedangkan mineral dominan yang terdapat dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, tembaga dan selenium. Di antara semua kandungan dalam kemiri, masih terdapat kandungan yang sangat penting, seperti: vitamin, folat, serta fitosterol yang berguna untuk menghambat pembentukan kolesterol dalam tubuh.

Protein yang terdapat pada kemiri terdiri dari asam amino non esensial (asam glutamant dan asam aspartat sehingga cocok untuk melezatkan masakan) dan asam amino essensial yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan manusia, karena asam amino terdapat pada semua jaringan dan membentuk protein dan antibodi. Dan kandungan kemiri sendiri 53% didominasi oleh lemak, namun lemak yang terdapat dalam biji kemiri merupakan lemak tak jenuh yang tidak hanya mampu menurunkan kadar LDL, tapi juga mencegah penggumpalan darah yang merupakan penyebab serangan jantung dan stroke.

Begitu banyaknya kandungan kemiri yang bermanfaat bagi tubuh manusia, sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan. Tahukah Anda, bahwa Anda bisa mengambil manfaat dari buah kemiri? Daripada penasaran simak beberapa manfaat dan khasiat kemiri berikut ini :

  • Minyak kemiri sangat berkhasiat untuk menyuburkan rambut dan menjadikan rambut hitam berkilau
  • Mengobati buang air besar yang berdarah
  • Mengobati gatal akibat digigit serangga
  • Mampu mengobati diare
  • Campuran bahan bakar kendaraan bermotor
  • Mengobati sariawan dan sakit gigi
  • Menghitamkan alis mata
  • Dapat dijadikan bahan campuran lilin
  • Minyaknya menjadi bahan campuran cat

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda semua.