Jenis-jenis Masker Rambut

Penampilan merupakan hal yang sangat penting dan merupakan faktor penentu yang bisa membantu mendongkrak rasa kepercayaan diri dan kemampuan seseorang. Menilai penampilan seseorang memang paling mudah dilihat dari kondisi areal wajah dan sekitarnya yang merupakan center of interest atau pusat perhatian. Salah satu point penting dalam penilaian penampilan selain wajah adalah kesehatan rambut. Kesehatan rambut yang prima dan ditunjang dengan penampilan wajah yang halus mulus tanpa cela akan mendapatkan penampilan yang sempurna. Bagaimana cara mendapatkan kesehatan rambut yang sempurna? Salah satu jawabannya adalah mengetahui jenis-jenis masker rambut yang cocok untuk diaplikasikan.

Jenis masker rambut: macam dan kegunaan

Berikut ini akan disampaikan jenis-jenis masker rambut berdasarkan bahan baku dan jenis pemakaian sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Masker rambut alami. Berbagai bahan alami yang terdapat di alam seperti buah-buahn, sayur-sayuran ataupun tanaman tradisional bisa dijadikan masker rambut untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan rambut. Beberapa contoh masker alami adalah masker rambut apel, alpukat, tomat, wortel, seledri, kemiri, madu, santan dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan. Penggunaan bahan-bahan alami sebagai masker rambut cenderung lebih aman dan murah dibandingkan masker rambut modern.
  • Masker rambut untuk rambut kering. Fungsi utama masker rambut untuk rambut kering adalah menambahkan kelembaban alami rambut, sehingga rambut tidak mudah patah, bercabang dan bahkan rontok yang bisa memicu timbulnya kebotakan. Jenis buah untuk masker rambut kering adalah alpukat, santan, putih telur, zaitun, madu dan minyak kemiri.
  • Masker rambut untuk rambut berminyak. Fungsi utama masker rambut untuk rambut berminyak adalah mengurangi kadar minyak berlebih pada permukaan kulit kepala hingga batang rambut yang dapat memicu terjadinya ketombe berlebih. Jenis buah untuk masker rambut berminyak adalah jeruk nipis, lemon, sitrus, madu dan tomat.

Demikianlah jenis-jenis masker rambut yang dapat dipilih dan digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Ada baiknya jika penggunaan masker rambut dilakukan dengan rutin minimal satu bulan sekali. Semoga bermanfaaat.