Jenis-Jenis Eyeliner

Eye liner merupakan salah satu jenis kosmetik yang bisa menonjolkan kelebihan dari mata Anda. Eye liner bisa membuat mata sipit menjadi lebih besar, mata besar terlihat lebih berbinar.

Sebelum mengaplikasikannya ada baiknya Anda mengenal jenis-jenis eyeliner yang bisa Anda gunakan agar semakin mantap di wajah Anda.

Beberapa jenis eyeliner dengan berbagai efek yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut:

1. Eyeliner berbentuk pensil atau disebut pencil eyeliner.

Eyeliner jenis ini awalnya populer dengan warna hitam dan cokelat. Seiring dengan inovasi industry kecantikan berbagai warna dimiliki oleh jenis pensil ini. Mulai dari warna yang mencolok hingga lembut. Dari hijau tua, biru, merah, dan warna lainnya.

Sebaiknya Anda wajib memiliki pensil eyeliner ini karena paling mudah diaplikasikan di mata. Walaupun kelemahannya pun ada yaitu tidak tahan lama atau mudah luntur, eyeliner jenis ini menjadi favorit wanita. Untuk mata yang sensitif sebaiknya Anda berhati-hati menggunakannya atau Anda memilih eyeliner yang khusus untuk mata dan kulit yang sensitif.

2. Eyeliner cair atau disebut liquid eyeliner.

Eyeliner jenis ini biasanya dilengkapi sikat tipis dan runcing, fungsinya untuk mengaplikasikannya agar lebih rapi. Jenis eye liner ini bersifat cair sehingga Anda harus lebih hati-hati menggunakannya agar tidak luber kemana-mana. Biasanya juga mendiamkan beberapa saat agar setelah dioleskan secara merata di sekitar mata bisa kering dahulu agar lebih tahan lama.

Eyeliner jenis ini kebanyakan luntur ketika kena air, itu sebabnya Anda harus berhati-hati memilih merk untuk eyeliner jenis ini. Pastikan merk yang digunakan telah dirancang tidak mudah luntur dan tahan air.

3. Eyeliner pensil cair atau disebut liquid pencil eyeliner.

Eyeliner ini merupakan perpaduan dari pensil dan liquid eyeliner. Pengaplikasiannya adalah dengan menggunakan kuas sedangkan eyelinernya menyatu membentuk pencil. Bentuknya ini membuat eyeliner jenis ini lebih praktis digunakan namun bisa membuat penampilan mata semakin tegas.

4. Eyeliner gel atau disebut gel eyeliner.

Eyeliner ini berbentuk cair, namun karena lebih kental maka lebih tepat disebut gel. Cara mengaplikasikannya mudah dengan menggunakan kuas tipis dan runcing, hasilnya pun tidak kalah memikat dengan eyeliner pensil cair.

5. Eyeliner padat atau disebut cake eyeliner.

Eyeliner jenis ini lazim disebut eyeliner padat. Tidak semua orang menggunakannya karena memang penggunaannya agak sulit. Biasanya eyeliner yang menampilkan eksplorasi riasan ini digunakan dengan kuas kering ataupun kuas basah.

6. Eyeliner bubuk atau powder eyeliner.

Jenis eyeliner ini tidak populer karena bubuknya tidak tahan lama walaupun pengaplikasiannya hanya tinggal mengusapkannya agar lebih tegas dengan menggunakan kuas.