Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Mengapa kesehatan kuku perlu dijaga dengan baik? Selain mempercantik penampilan, kondisi kuku yang kering dan mudah patah bisa menjadi indikator kurangnya konsumsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kuku yang mudah patah merupakan salah satu ciri-ciri kekurangan vitamin D dan kalsium. Alasan lain adalah karena kuku dapat menjadi perantara masuknya kuman, virus dan bakteri kedalam tubuh saat proses makan.

Untuk menjaga kesehatan kuku, memotongnya secara rutin dan teratur saja tidak cukup. Ada beberapa hal dan tips yang perlu dilakukan agar kesehatan dan penampilan kuku dapat terjaga dengan baik.

Tips menjaga kesehatan kuku:

 

  1. Penggunaan nail polish atau pewarna kuku terlalu sering dapat merusak kuku.
    Bagi sebagian wanita, menggunakan pewarna kuku mungkin telah menjadi kegemaran selain untuk meningkatkan kualitas penampilan mereka. Akan tetapi tahukah anda bahwa hal itu justru dapat merusak kelembaban alami kuku? Selain kandungan zat kimia di dalam cat pewarna yang dapat merusak kuku, terus-menerus terlapisi cat pewarna menyebabkan pori-pori kuku tersumbat dan kekurangan udara. Hal itulah yang dapat membuat kuku kering dan kusam.
  2. Kuku patah tidak hanya menyebabkan rasa sakit tapi juga akan sangat mengganggu aktivitas.
    Banyak cara dapat dilakukan agar mendapatkan kuku yang kuat dan tidak mudah patah. Diantaranya adalah dengan menggosok-gosokkan belimbing sayur pada bagian kutikula secara rutin. Merendam kuku dalam campuran cuka apel dan minyak zaitun juga sangat efektif untuk menguatkan kuku.
  3. Do it Yourself Manicure.
    Para kaum hawa sangat gemar menghabiskan waktu mereka di salon. Untuk sekedar cuci blow atau mungkin manicure pedicure rutin untuk menjaga kesehatan kuku. Namun, manicure sesungguhnya bisa anda lakukan sendiri dirumah. Selain murah, prosesnya pun relative lebih singkat. Anda bisa mendapatkan tutorial manicure pedicure sederhana di Youtube.
  4. Kelembapan Kuku.
    Selain memperkuat kuku agar tidak mudah patah, kelembaban kuku juga perlu dijaga agar tampak cantik dan tidak kusam. Untuk menjaga kelembaban kuku, tersedia krim perawatan kelembaban kuku yang dapat dipergunakan setiap hari. Selain itu tersedia juga vitamin untuk kuku. Dengan menggunakan krim-krim tersebut, perawatan kuku akan lebih maksimal.
  5. Pengaruh diet.
    Selain melakukan serangkaian perawatan dari luar, diet seimbang juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kuku. Tubuh tidak hanya membutuhkan karbohidrat dan lemak saja dalam menjalankan aktivitas. Mikronutrien seperti protein, mineral dan vitamin juga sangat penting bagi kesehatan. Untuk menjaga kuku tumbuh sehat, kuat dan indah, konsumsi vitamin D secara seimbang sangat diperlukan.

Kuku yang cantik dan sehat akan mencerminkan kesehatan seseorang yang baik. Oleh karena itu ikuti pola hidup sehat dan biarkan hal itu terpancar salah satunya dari kecantikan kuku.