Cara Menghias Kuku dengan Kutek

Kutek atau pewarna kuku merupakan salah satu bagian perawatan kesehatan dan kecantikan kuku. Selain berguna untuk keindahan, ternyata beberapa jenis pewarna kuku memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kelembaban alami kuku, sehingga kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Agar mendapatkan manfaat dan hasil yang optimal dalam pewarnaan kuku, ada baiknya mengetahui beberapa tips dan triks cara menghias kuku dengan kutek agar mendapatkan hasil dan manfaat yang sempurna. Apa saja tips dan triksnya?

Tips dan triks

Berikut ini akan disampaikan beberapa tips dan triks cara menghias kuku dengan kutek agar mendapatkan hasil yang optimal sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Bersihkan. Sebelum mengoleskan kutek, bersihkan lebih dulu permukaan kuku dari kotoran ataupun lapisan keratin kuku atau kutikula yang telah mati. Pembersihan permukaan kuku dapat dilakukan dengan menggunakan air hangat. Selain bertujuan mengangkat sel keratin atau kutikula yang telah mati, pembersihan permukaan kuku juga dimaksudkan agar kutek melekat lebih sempurna.
  • Lapisan pelembab. Oleskan lebih dahulu pelembab kuku dengan tujuan kuku menjadi lebih lembab dan pemulasan kutek bisa makin optimal. Pemulasan pelembab juga dimaksudkan agar kuku tidak mudah patah.
  • Kapas. Sediakan kapas yang berfungsi untuk pemberi jarak antar kuku. Pemberian jarak pada jari tangan ataupun jari kaki dimaksudkan agar kutek tidak saling menempel pada bagian jari yang lain.
  • Aplikasi. Setelah mengoleskan pelembab kuku, barulah pengaplikasian kutek atau cat kuku dilakukan. Pulaskan kutek dengan satu kali puasan dan dapat diulangi ketika cat kuku mulai setengah kering. Hindari penggunaan cat kuku yang terlalu kental karena dapat menyebabkan lapisan cat kuku membutuhkan waktu yang lama untuk mengering dan ketebalan lapisan cat tidak merata.
  • Pelindung. Pulaskan pelindung cat kuku ketika cat kuku atau kutek telah benar-benar kering. Pemulasan pelindung cat kuku bertujuan agar cat kuku tidak mudah tergores ataupun pudar warnanya.

Demikianlah beberapa tips dan triks cara menghias kuku dengan kutek agar didapatkan hasil yang optimal. Akan lebih baik apabila cat kuku yang diaplikasikan pada permukaan kuku berasal dari bahan alami seperti pacar cina yang bebas dari zat kimia berbahaya. Semoga bermanfaat.