Cara Melakukan Senam Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis senam atau terapi yang memiliki berbagai macam manfaat atau khasiat bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya senam yoga terdiri dari bermacam-macam aliran yang memiliki berbagai macam fungsi yang berbeda antara lain pengobatan, relaksasi, melatih konsentrasi ataupun digunakan untuk memperbaiki postur tubuh. Salah satu jenis aliran yoga yang bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan kehamilan hingga tiba saatnya persalinan adalah prenatal yoga atau yoga kehamilan. Bagaimanakah cara melakukan senam yoga kehamilan atau prenatal yoga?

Tips dan triks

Berikut ini tips dan triks cara melakukan senam yoga kehamilan atau prenatal yoga sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Peregangan. Gerakan peregangan merupakan gerakan pendahuluan yang terbagi menjadi gerakan peregangan leher dan bahu yang berguna untuk melenturkan, mencegah ketegangan serta menguatkan otot-otot yang akan digunakan untuk melakukan prenatal yoga. Gerakan peregangan tubuh berguna untuk mencegah sakit pinggang dan sakit punggung serta menjaga elastisitas tubuh. Gerakan peregangan kai yang berguna untuk mencegah varises, kram dan perkuatan otot lutut agar kuat menahan beban janin yang makin membesar.
  2. Gerakan dinamis. Gerakan dinamis bermanfaat untuk melatih kekuatan otot-otot jantung atau kardiovaskuler, paru-paru, lengan, paha, kaki dan otot-otot sekitar tulang pinggul. Gerakan dinamis ini meliputi gerakan side dynamics lunges, gerakan one leg up and down, gerakan step tuch dan gerakan hips side and slow. Secara garis besar, gerakan dinamis bermanfaat untuk mempersiapkan dan mempertahankan kondisi kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan yang membutuhkan otot jantung, paru-paru, paha dan pinggul yang kuat.
  3. Yoga berpasangan. Yoga berpasangan dilakukan bersama pasangan masing-masing. Gerakan yoga berpasangan meliputi gerakan warrior, gerakan triangle ataupun gerakan widw squast. Manfaat dari yoga berpasangan antara lain menimbulkan perasaan relax dan tenang, serta sebagai persiapan masa persalinan yang semakin mendekat.

Demikianlah beberapa tips dan triks cara melakukan senam yoga kehamilan atau prenatal yoga. Namun demikian, akan lebih baik apabila prenatal yoga dilakuan secara rutin minimal dua kali setiap minggu dan dilakukan pada pagi hari ketika kondisi udara masih lebih segar dan bersih agar memperoleh hasil yang optimal. Bagi pasangan yang rutin melakukan yoga kehamilan atau prenatal yoga akan memperoleh beberapa manfaat antara lain kesehatan badan, kesehatan kehamilan serta kelancaran proses persalinan normal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.